Gejala Penyakit Sinusitis Kronis


Gejala Penyakit Sinusitis Kronis .- Penyakit sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada sinus yakni rongga udara disekitar wajah tepatnya dibalik tulang wajah yang terhubung dengan hidung.

Normalnya rongga sinus berisi udara dan sedikit lendir yang berfungsi untuk menjaga kelembaban udara.

Namun jika sinus mengalami peradangan maka dapat menyebabkan lapisan mukosanya menebal atau membengkak sehingga menghasilkan banyak lendir (ingus).

Akan tetapi ingus ini tidak dapat dengan lancar keluar sehingga lama kelamaan akan terperangkap didalam rongga tersebut atau dengan kata lain rongga sinus yang seharusnya terisi oleh udara malah terisi oleh cairan lendir.

Jika hal tersebut terjadi maka bisa menjadi media yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bakteri sehingga timbullah berbagai gejala sinusitis.

Gejala Penyakit Sinusitis Kronis

Gejala sinusitis yang paling sering terjadi adalah timbulnya rasa nyeri disekitar wajah, pipi, mata dan dahi yang disertai dengan munculnya ingus berwarna kehijauan atau kekuning-kuningan.

Dimana hal tersebut terjadi setelah anda terkena penyakit infeksi saluran atas seperti pilek atau flu.

Berdasarkan lamanya gejala yang dialami sinusitis terbagi kedalam dua kategori yakni sinusitis akut dan sinusitis kronis.

Dimana sinusitis akut terjadi lebih singkat dibandingkan dengan sinusitis kronis yang bisa terjadi lebih dari 8 minggu dan sering terulang kembali atau kambuh.

Gejala Penyakit Sinusitis Kronis

Dan berikut ini adalah beberapa gejala penyakit sinusitis yang penting untuk di ketahui, yani :

1.) Sakit Pada Wajah Dan Dahi

Ketika seseorang terkena penyakit sinusitis maka gejala utama yang paling mudah dikenali adalah timbulnya rasa nyeri disekitar wajah tepat dimana sinus yang meradang seperti dahi, antar mata, belakang hidung, kedua sisi hidung, rahang atas depan, gigi rahang atas, nyeri di belakang mata, di puncak kepala, atau di sepanjang tengkuk.

2.) Mengeluarkan Ingus

Selain timbulnya rasa nyeri disekitar wajah, orang yang menderita penyakit sinusitis juga akan mengeluarkan ingus pada hidung dengan warna kehijauan atau kekuning-kuningan.

Memiliki bau yang lumayan tajam, selain itu ingius juga bisa mengalir pada bagian tenggorokan sehingga dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan gatal.

Kondisi ini disebut dengan istilah postnasal drip.

3.) Hidung Tersumbat

Pada saat yang bersamaan selain mengeluarkan ingus, hidung juga akan tersumbat. Hal tersebut muncul karena adanya infeksi atau perdangan akan menyebabkan pembengkakan pada sinus dan hidung bagian dalam.

Hidung yang tersumbat bisa membuat anda kesulitan bernafas serta berkurangnya penciuman dan perasa.

4.) Sakit Kepala

Seseorang yang terkena penyakit sinusitis juga bisa merasakan sakit kepala, hal tersebut karena infeksi atau peradangan yang terjadi terus menerus pada sinus dapat bergema di seluruh tengkorak.

Rasa sakit yang timbul akan semakin terasa berat dipagi hari mengingat cairan telah mengumpul sepanjang malam. Tidak hanya kepala, rasa sakit juga bisa muncul pada tempat-tempat tak terduga seperti : telinga, gigi serta rahang dan pipi.

5.) Batuk

Orang yang terkena penyakit sinusitis juga bisa mengalami batuk terus-menerus dan terkadang membuat sipenderita jengkel.

Batuk muncul sebagai akibat dari mengalirnya lendir ke tenggorokan yang menimbulkan iritasi. Batuk akan meningkat frekuensinya dimalam hari sehingga akan membuat sipenderita susah tidur.

Tidur dalam posisi setengah duduk dengan kepala tegak dapat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas batuk seperti ini.

6.) Sakit Tenggorokan

Batuk yang terus terjadi terus menerus atau berkepanajngan, lama kelamaan akan menimbulkan rasa sakit di tenggorokan karena mengalami peradangan akibat iritasi.

sumber : http://mediskus.com/

Nah itulah beberapa gejala penyakit sinusitis kronis, segera temui dokter jika gejala tersebut anda alami utamanya jika kondisi tersebut berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan terus datang kembali ( kambuh ).

Penyakit sinusitis kronis yang tidak mendapatkan penangan seirus bisa menimbulkan infeksi yang lebih serius dan tentunya lebih berbahaya.

Ketika anda mengalami gejala sinusitis ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meringankan gejala sebelum menemui dokter, yakni :

  • Semprotan hidung saline. Penderita disarankan untuk menyemprotkan semprotan hidung saline beberapa kali dalam sehari ke hidung mereka untuk membersihkan saluran hidung. Semprotan hidung ini merupakan campuran air matang 400 mililiter, garam satu sendok teh, dan soda bikarbonat satu sendok teh.
  • Pereda rasa sakit.
  • Dekongestan. Konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi dekongestan. Obat ini tidak bisa digunakan lebih dari seminggu.
  • Kortikosteroid hidung, berfungsi untuk mencegah dan menangani peradangan
  • Konsumsi obat sinusitis alami, mengkonsumsi obat alami tentunya lebih aman dibandinhkan dengan konsumsi obat kimia.

Demikianlah informasi tentang gejala penyakit sinusitis kronis ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini dan salam sehat !

Post By :

www.qncobatsinusitis.com