Apakah Penyakit Sinusitis Bisa Menyebabkan Kematian


Apakah penyakit sinusitis bisa menyebabkan kematian ? hal tersebut mungkin saja terjadi jika penyakit sinusitis dibiarkan tidak diobati, untuk itu jangan anggap sepele penyakit sinusitis, ketika anda mulai merasakan gejala sinusitis segera atasi dengan serius.

Sinusitis Bisa Menyebabkan Kematian

Sinusitis adalah peradangan pada dinding rongga sinus yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Dalam kondisi normal rongga-rongga sinus akan berisi udara namun jika rongga tersebut mengalami peradangan maka rongga tersebut akan terisi oleh cairan/lendir sehingga tersumbat dan menjadi media yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bakteri.

Jika hal tersebut terjadi maka timbullah beberapa kondisi medis atau gejala penyakit sinusitis.

Berdasarkan gejala dan lamanya gejala muncul, penyakit sinusitis terbagi kedalam 3 jenis yakni :

  • Sinusitis akut, dimana gejala timbul mendadak dan bertahan hingga beberapa minggu seperti sakit kepala, nyeri pada wajah, pipi, hidung, dahi dan penciuman menjadi terganggu, batuk, demam dan juga kelelahan
  • Sinusitis subakut, peradangan sinus yang bertahan selama 1 – 3 bulan
  • Sinusitis kronis jika bertahan lebih dari 3 bulan dengan gejala hidung beringus, tersumbat dan nanah di rongga hidung dapat berubah warna dan juga wajah terasa penuh. Bila timbul demam, kemerahan, bengkak di sekitar mata dan dahi serta sakit kepala hebat maka sinusitis menjadi memburuk

Dari ketiga jenis penyakit sinusitis tersebut, sinusitis kronis adalah jenis yang paling berbahaya karena bisa menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya hingga mengancam jiwa.

Baca : Bahaya Akibat Sinusitis

Sinusitis Bisa Menyebabkan Kematian

Dalam kasus yang jarang terjadi penyakit sinusitis bisa berkembang lebih serius sehingga menimbulkan berbagai komplikasi hingga kematian.

Hal tersebut bisa terjadi jika penderita sinusitis mengalami komplikasi meningitis yakni kondisi dimana terjadinya peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang.

Meningitis termasuk kedalam penyakit berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dalam hitungan jam.

Gejala paling umum penyakit ini adalah sakit kepala dan leher kaku berhubungan dengan demam, kebingungan atau kesadaran yang berubah, muntah, dan ketidakmampuan untuk mentoleransi cahaya (photophobia) atau suara keras (phonophobia).

Sinusitis bisa menyebabkan kematian bukan oleh penyakit itu sendiri melainkan oleh komplikasi yang terjadi jika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius.

Bukan hanya meningitis, sinusitis kronis juga bisa menimbulkan komplikasi yang tak kalah berbahayanya yakni hilangnya indara penciuman, masalah penglihatan hingga kebutaan dan infeksi kulit atau tulang.

Untuk itu jangan pernah sesekali anda menganggap remeh penyakit sinusitis, segera atasi dan obati dengan serius ketika anda atau orang terdekat anda mengalaminya.

Dan berikut ini adalah beberpa langkah yang bisa ambil untuk mencegah penyakit sinusitis yang anda derita berkembang lebih parah lagi ( kronis ) jika anda mengalaminya, yakni :

  • Hindari infeksi saluran pernapasan atas. Kurangi kontak dengan orang yang mengalami pilek. Cuci tangan anda secara rutin dengan sabun dan air, khususnya sebelum makan.
  • Hati-hati merawat alergi anda. Bekerjasamalah dengan dokter anda untuk menjaga gejala tetap terkendali.
  • Hindari asap rokok dan polusi udara. Asap tembakau atau polusi udara lain dapat mengiritasi dan menyebabkan radang pada paru-paru dan jalan napas.
  • Gunakan pelembab udara. Jika udara dirumah anda kering, seperti jika udara panas dirumah, menggunakan pelembab udara dapat membantu mencegah sinusitis. Pastikan pelembab udara tetap bersih dan bebas jamur secara rutin.

Kemudian jika anda mengalami beberapa kondisi berikut ini segera temui dokter, yakni :

  • Mata dan bagian di sekitar mata tidak bisa berfungsi
  • Mata tampak membengkak dan merah
  • Mengalami sakit kepala hebat
  • Demam tinggi
  • Mengantuk
  • Mual muntah
  • Kesulitan berjalan
  • Penurunan kesadaran

Kondisi tersebut merupakan indikasi penyakit sinusitis yang anda derita sudah menimbulkan komplikasi sehingga diperlukan penanganan dan pengobatan yang lebih serius.

Dengan begitu maka hal buruk akibat komplikasi penyakit sinusitis bisa anda hindari termasuk kematian akibat komplikasi meningitis.

Ingat ! sinusitis bisa menyebabkan kematian jika berkembang menjadi meningitis ( radang selaput otak ) sebagai akibat dari penanganan dan pengobatan yang tidak serius. Dimana hal ini jarang terjadi namun bukan berarti anda menyepelekan penyakit sinusitis.

Artikel ini kami buat sebagai jawaban dari banyaknya orang yang menanyakan apakah penyakit sinusitis bisa menyebabkan kematian ? semoga ini bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Post By

www.qncobatsinusitis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *